JOINT VENTURE

Joint Venture merupakan bergabungnya suatu perusahaan dengan perusahaan lain untuk menjalankan aktivitas ekonomi bersama. Pihak-pihak itu setuju untuk berkelompok dengan menyumbang keadilan pemilikan dan kemudian saham dalam penerimaan, biaya , dan kontrol perusahaan.

Emiten farmasi terkemuka, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), membentuk perusahaan joint venture dengan PT Milko Beverage Industry untuk memproduksi makanan dan minuman kesehatan, menurut direksi perseroan. Perusahaan joint venture itu diberi nama PT Kalbe Milko Indonesia.

Direktur Keuangan Kalbe Farma, Vidjongtius, mengatakan, dalam kerja sama joint venture tersebut, Kalbe Farma memiliki 51% saham, sementara 49% saham dimiliki PT Milko Beverage Industry. Investasi untuk membentuk perusahaan joint venture ini berkisar Rp 100 miliar-Rp 150 miliar.

Selain itu, kerja sama dengan PT Milko Beverage Industry merupakan ekspansi lanjutan perseroan di bidang produk kesehatan, setelah sebelumnya Kalbe Farma mengakuisisi produsen minuman kesehatan PT Hale International pada 30 Mei 2012. Produk Hale International antara lain minuman jus Original Love Juice serta Pome Rama dalam kemasan botol.

Perseroan  menargetkan dapat mengakuisisi 3-4 perusahaan di bidang kesehatan tahun ini. Akuisisi tersebut dilakukan untuk memperkuat lini bisnis perseroan di sektor produk kesehatan. Melalui  kerja sama ini Kalbe Farma dapat menciptakan produk yang mempunyai keunggulan inovatif berupa produk berbahan dasar susu (dairy) yang dapat diterima oleh penderita lactoseintollerant (tidak dapat mencerna susu).

Sebagai informasi, Kalbe Farma tergolong sebagai pemain bisnis susu terbesar ketiga di Indonesia setelah PT Nestle Indonesia dan PT Danone Indonesia. Divisi nutrisi Kalbe Farma yang membawahi bisnis ini memiliki portofolio merek susu yang tergolong cukup lengkap, seperti Morinaga, Prenagen, Entrasol, dan Zee.

Melalui produk yang inovatif, Kalbe Farma tidak harus bersaing secara head to head dengan pemain lain di industri susu yang saat ini sudah memiliki persaingan yang cukup ketat sebagaimana diindikasikan dari banyaknya pemain di bisnis ini.  Harga saham Kalbe Farma pada penutupan perdagangan Selasa naik 25 poin (0,7%) menjadi Rp 3.800 dibanding sehari sebelumnya.


Referensi : Here

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel JOINT VENTURE ini dipublish oleh Unknown pada hari Sabtu, 27 Desember 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan JOINT VENTURE
 

0 Komentar:

Posting Komentar