PERLUKAH INDONESIA MEMILIKI SIRKUIT BERTARAF INTERNASIONAL?

Pergulatan antar pembalap profesional akan segera bergulir. namun ada hal yang lebih menarik untuk penggemar MotoGP di Indonesia. Tentu dengan adanya kabar dimana Indonesia resmi ditunjuk untuk menggelar salah satu seri MotoGP pada tahun 2017 mendatang.

Pembalap kawakan seperti Valentino Rossi merasa antusias dengan adanya kabar tersebut. Tidak heran karena pembalap yang dijuluki 'The Doctor' ini sudah beberapa kali terlihat mengunjungi Indonesia.

Di lain sisi ada hal yang tidak mengenakkan untuk para penggemar khususnya di Indonesia. Ya, dimanakah seri MotoGP tersebut akan dihelat? sebenarnya Indonesia pernah menggelar seri MotoGP di Sirkuit Sentul pada tahun 1997. Secara umum orang-orang di Indonesia hanya mengetahui satu sirkuit bertaraf internasional yaitu Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. Namun kondisinya saat ini dapat dikatakan tidak layak untuk menggelar salah satu acara yang diminati oleh masyarakat di belahan dunia tersebut. Mulai dari kualitas aspal, tribun penonton, hingga fasilitas lainnya yang kurang memadai.

Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga telah mengajukan agar Sentul bersedia untuk bekerjasama. Kepemilikan dari pihak swasta membuat proses belum mencapai kesepakatan secara materi dan lainnya. Pemerintah pun mengiyakan bahwa sentul jauh dari kata ideal untuk menggelar seri MotoGP 2017. Salah satu solusi yang dapat dilaksanakan yaitu dengan merenovasi sirkuit agar layak digunakan untuk ajang tersebut. Namun dengan adanya permasalahan seperti materi dan kesepakatan lainnya, pemerintah enggan untuk melaksanakan renovasi.

Membangun sebuah sirkuit baru juga dapat dijadikan alternatif oleh pemerintah. Beberapa pendapat menyatakan bahwa kawasan Senayan, Jakarta yang akan dipilih untuk dirubah. Kabar tersebut membuat banyak pihak yang tidak setuju, seperti petinggi IMI(Ikatan Motor Indonesia) menyatakan lokasi tersebut sangat tidak layak. Mereka beralasan, Senayan tidak memiliki lokasi yang strategis, jalur akses yang padat di tengah kota, hingga cuaca yang kurang baik jika dibandingkan dengan Sentul.

Solusi lainnya yaitu masih dengan membangun sirkuit baru bertaraf internasional. Seperti yang telah diketahui, membangun sirkuit tidak dapat diselesaikan dengan cepat. Dengan sempitnya waktu yang hanya tersisa beberapa bulan, rasanya sulit untuk melakukan pembangunan sirkuit baru. Pemerintah juga masih memiliki banyak pekerjaan yang masih tertatih-tatih seperti MRT, kereta cepat, dll.

Dengan demikian, satu-satunya jalan untuk menggelar ajang bergengsi tahunan tersebut yaitu dengan pergerakan cepat pemerintah dengan pihak-pihak yang berkaitan. Apakah dengan membangun sirkuit baru atau pun dengan menggunakan sirkuit yang ada. Karena ini adalah kesempatan Indonesia untuk memperkenalkan kelebihan dan keindahan khususnya dari sisi pariwisata dan budaya.


Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel PERLUKAH INDONESIA MEMILIKI SIRKUIT BERTARAF INTERNASIONAL? ini dipublish oleh Unknown pada hari Jumat, 03 Juni 2016. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan PERLUKAH INDONESIA MEMILIKI SIRKUIT BERTARAF INTERNASIONAL?
 

0 Komentar:

Posting Komentar