PERENCANAAN PENULISAN ILMIAH

Dalam penulisan tugas ini yaitu tentang perencanaan penulisan ilmiah, di mana setiap mahasiswa pada semester 5 hingga 6 akan menyelenggarakan penulisan ilmiah. berikut ini merupakan salah satu contoh dari penulisan ilmiah yang kami kutip dari Universitas Gunadarma.


Sumber : UG Library - PI milik DEBI NATALIA MOZE - 10100841


Halaman Judul.

Disebut sebagai cover yang merupakan bagian depan yang berisi tentang nama, npm, jurusan, fakultas, dan judul penulisan ilmiah.

Lembar Pengesahan.

Dituliskan Judul PI, Nama, NPM, Tanggal Sidang, Tanggal Lulus, dan tanda tangan pembimbing, Kasubag PI, serta Ketua Jurusan sesuai dengan jurusan masing-masing,

Abstraksi.

Berisi ringkasan dari tulisan, maksimal 1 halaman saja, dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris.

Kata Pengantar.

Berisikan ucapan terimakasih kepada pihak-pihak yang ikut berperan dalam pelaksanaan penelitian tulisan ilmiah, yakni: rektor, dekan, ketua jurusan, kasubag PI, pembimbing, perusahaan, keluarga, rekan dll.

Daftar Isi.

Indeks dari suatu tulisan atau buku, agar pembaca lebih mudah dalam menemukan topik yang ingin di baca.

Daftar Gambar, Daftar Lampiran.

Bagian optional dari suatu PI, bisa di tambahkan jika PI anda mempunyai tabel, gambar, atau lampiran yang ingin anda tuangkan.

BAB I - Pendahuluan.

Di bab pendahuluan, Peneliti/ Penulis harus dapat secara fokus menuliskan masalah-masalah yang terjadi di tempat penelitiannya. Dengan membaca bab pendahuluan ini, setiap pembaca sudah dapat mengetahui apa sebenarnya yang akan dilakukan oleh peneliti dalam penelitiannya.

a.  Latar Belakang Masalah          

Menguraikan mengapa penulis sampai kepada pemilihan topik permasalahan yang bersangkutan.

b. Rumusan Masalah ( sebagai opsional)


c. Masalah dan Pembatasan Masalah

Memberikan batasan  yang jelas bagian mana dari persoalan yang dikaji dan bagian mana yang tidak.

d. Tujuan Penulisan

Menggambarkan hasil-hasil yang diharapkan dari penelitian ini dengan memberikan jawaban terhadap masalah yang diteliti.

e. Metode Penelitian

Menjelaskan cara pelaksanaan kegiatan penelitian, mencakup cara pengumpulan data, alat yang digunakan dan cara analisa data.

f. Sistematika Penulisan

Memberikan gambaran umum dari bab ke bab isi dari Penulisan Ilmiah.

BAB II - Landasan Teori.

Menguraikan teori-teori yang menunjang tulisan/ penelitian (definisi, pengertian, dll), yang bisa diperkuat dengan menunjukan hasil penelitian sebelumnya.

BAB III  - Analisis dan Pembahasan Masalah.

Di bab ini dijelaskan secara runut (logis) mengenai langkah-langkah pemecahan masalah yang dilakukan. Bisa dimulai dengan menganalisis permasalahan (di sub-bab batasan masalah), kenapa masalah itu bisa terjadi, apa saja kendalanya, dan apa langkah penyelesaiannya. Selanjutnya dilakukan proses atau prosedur atau langkah-langkah penyelesaian dari sub-bab rumusan masalah.

BAB IV - Penutup.

Pada bab penutup ini, isinya adalah kesimpulan dan saran. Kesimpulan adalah jawaban mengenai “apakah pembahasan yang telah dilakukan dapat memecahkan masalah ?.” Jawaban harus jujur (sesuai dengan norma-norma keilmiahan). Saran berisi mengenai hal-hal yang dapat dikembangkan dari PI yang sudah diselesaikannya ini. Saran juga dapat berisi mengenai penyempurnaan dari PI yang karena sesuatu hal belum dapat dilakukan secara sempurna di sini.

Daftar Pustaka.

Ketentuan dalam penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut :

  • Tuliskan nama pengarang, judul karangan dan data tentang penerbitannya (tempat, penerbit dan tahun).
  • Daftar pustaka disusun secara alfabetis tidak hanya huruf terdepannya tetapi juga huruf kedua dan seterusnya.
  • Daftar pustaka diketik satu spasi dan jarak antara masing-masing pustaka adalah dua spasi.
  • Huruf pertama dari baris pertama masing-masing pustaka diketik tepat pada garis tepi kiri tanpa ketukan (indensi) dan baris berikutnya digunakan indensi 7 karakter.
  • Apabila nama pengarang sama dan judul berbeda, maka baris pertama harus diberi garis terputus-putus sebanyak 14 (empat belas) ketukan.
  • Penulisan nama pengarang diawali dengan nama keluarga, kemudian namanya. Untuk dua atau tiga pengarang, nama pengarang kedua dan ketiga tidak perlu dibalik.
  • Penulisan nama pengarang yang bermarga cina atau mandarin, ditulis apa adanya (tidak diindeks).
  • Jika nama pengarang sama dalam dua tahun penerbitan berbeda, maka daftar pustaka disusun menurut urutan waktu (tahun).
  • Nama pengarang sama, judul berbeda perlu diberikan garis sebanyak 14 ketukan.
  • Sama sekali tidak boleh mencantumkan sumber referensi yang tidak pernah dibaca dan tidak boleh mencantumkan gelar.
  • Dalam daftar pustaka/catatan kaki, tulisan yang bersumber dari majalah/ koran/makalah yang diberi garis bawah atau ditebalkan adalah nama majalah/korannya yang menerbitkan.




Reff :  





Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel PERENCANAAN PENULISAN ILMIAH ini dipublish oleh Unknown pada hari Minggu, 27 Desember 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan PERENCANAAN PENULISAN ILMIAH
 

0 Komentar:

Posting Komentar