PERAN DAN FUNGSI BAHASA

Apa itu Bahasa?


Bahasa (dari bahasa Sanskerta, bhāṣā) adalah kapasitas khusus yang ada pada manusia untuk memperoleh, dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks, dan sebuah bahasa adalah contoh spesifik dari sistem tersebut. Kajian ilmiah terhadap bahasa disebut dengan linguistik.

Perkiraan jumlah dari bahasa-bahasa di dunia beragam antara 6.000-7.000 bahasa. Namun, perkiraan tepatnya bergantung kepada suatu perubahan sembarang antara perbedaan bahasa, dan dialek. Bahasa alami adalah bicara atau bahasa isyarat, tapi setiap bahasa dapat disandikan ke dalam media kedua menggunakan stimulus audio, visual, atau taktil, sebagai contohnya, dalam tulisan grafis, braille, atau siulan. Hal ini karena bahasa manusia adalah modalitas-independen. Bila digunakan sebagai konsep umum, "bahasa" bisa mengacu pada kemampuan kognitif untuk dapat belajar, dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks, atau untuk menjelaskan sekumpulan aturan yang membentuk sistem tersebut, atau sekumpulan pengucapan yang dapat dihasilkan dari aturan-aturan tersebut. Semua bahasa bergantung pada proses semiosis untuk menghubungkan isyarat dengan makna tertentu.

Peran dan Fungsi Bahasa


Peran bahasa penting dalam kehidupan manusia tidak terlepas dari berbagai fungsi yang disandangnya. Begitu besar peran bahasa dalam kehidupan manusia. Fungsi bahasa yang paling mendasar adalah sebagai alat komunikasi, yaitu alat pergaulan dan perhubungan dengan manusia.
Sementara itu, Gorys Keraf menyatakan fungsi dan peran bahasa sebagai berikut :

1. Bahasa sebagai alat ekspresi diri.
Yaitu untuk menarik perhtian orang lain, untuk membebaskan diri dari tekanan emosi, ataupun untuk mengungkapkan cita ras seni.

2. Bahasa sebagai alat komunikasi.
Yaitu bahasa dipergunakan untuk menyampaikan semua yang kita rasakan dan kita pikirkan kepada orang lain.

3. Bahasa digunakan sebagai alat untuk mengadakan kontrol soial.
Yaitu untuk mempengaruhi tingkah laku dan tindak tanduk orang lain.

4. Bahasa sebagai alat untuk mengadakan integrasi dan alat adaptasi sosial untuk bersosialisasi.
Adanya komunikasi dua arah tidak lepas dari fungsi dasar bahasa yaitu sebagai alat komunikasi. Pemakaian bahasa sebagai alat kominikasi ditentukan faktor kebahasaan (linguistik) dan non kebahasaan (nonlinguistik).

Bahasa dan kebudayaan selalu berada secara tumpang tindih. Pengaruh timbal balik antara bahasa dan kebudayaan  dapat dilihat pada saat kita belajar bahasa asing atau bahasa kedua. Pandangan yang demikian tidaklah salah karena bahasa sangat erat dengan sistem sosial dalam masyarakat, maka tidak aneh jika bahasa ditentukan pula oleh faktor budaya.



Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel PERAN DAN FUNGSI BAHASA ini dipublish oleh Unknown pada hari Kamis, 08 Oktober 2015. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan PERAN DAN FUNGSI BAHASA
 

0 Komentar:

Posting Komentar